Packing silinder head merupakan Gasket antara blok mesin dan kepala silinder dalam ruang bakar mesin.
Packing silinder head ini berfungsi untuk menjaga kompresi maksimal dari mesin dan mencegah masuknya oli mesin dan cairan pendingin kedalamruang bakar dan apabila paacking silinder head ini rusak akan mengakibatkan overheat pada mesin
cek air radiator dalam tampungan air dan pada radiatornya, Jika air radiator berkurang,maka ada indikasi packing silinder head bocor, tambahkan cairan radiator hingga penuh.
nyalakan mesin dan liahatlah apakah ada gelembung udara pada permukaan air radiator, jika kerusakannya sudah parah maka air radiator akan menyembur ke atas...
- Gejala tidak normal dapat diketahui apabila ketika mesin hidup terdapat air yang muncrat keluar secara bersamaan. Hal ini menandakan terdapat tekanan kompresi yang masuk ke saluran pendingin dan meniup cairan di saluran pendingin.
- Selain itu, tanda-tanda kerusakan juga dapat Anda ketahui ketika mesin hidup dan ketika Anda melakukan tekanan atau tarikan gas, terdapat gelembung udara yang keluar dari air radiator.
- Jika radiator ditutup dan mesin dibiarkan hidup untuk beberapa saat, kemudian Anda buka kembali tutup radiator dan ada tekanan udara keluar, hal tersebut juga merupakan tanda-tanda kerusakan. Dapat dipastikan packing cylinder head yang rusak merupakan penyebab gejala-gejala tersebut terjadi.
untuk lebih jelasnya saksikan video dibawah ini :
Setelah kita mengetahui packing silinder head mobil bocor, beberapa langkah yang perlu dilakukan adalah membawa ke bengkel kepercayaan anda dan akan dilakukan beberapa tindakan preventif untuk mengatasi kebocoran packing silinder head ini.antara lain :
- proses mengganti paking silinder head
- dengan membuka beberapa part yang berkaitan dengan silinderhead barulah kita dapat menarik cover silinder head ke atas untuk dilepas, dalam proses ini Anda juga perlu berhati-hati,
- Berikutnya, kita lakukan proses pembersihan silinder mesin. Lakukan pembersihan dengan menggosok dari dalam ke luar agar kotoran dapat tersingkir dan tidak jatuh ke dalam. Jangan lupa juga lakukan pembersihan terhadap cover silinder head yang telah dibuka sebelumnya.
- Setelah dibersihkan, mari kita cek dulu kelengkungan pak silinder head, apakah masih dalam toleransi atau sudah lengkung terlalu banyak (toleransi lengkungan silinder head adalah+-0.2 mm) jika sudah melewati toleransi kelengkungan yang disyaratkan sebaiknya dilakukan skrup dan poles silinder head.
- langkah selanjutnya adalah mengecek kebocoran pada katup intake maupun exhaust manifold, jika terjadi bocor sebaiknya dilakukan skur katup, atau bahas kerennya nyekur klep.
- setelah dipastikan katup dalam kondisi bagus, kita lakukan langkah berikutnya adalh dengan menyiapkan packing silinder head dengan mengoleskan lem gasket (atau lebih sempurnanya kita cat dengan serlak)
- sekarang kita baru bisa memulai memasang packing silinder head dengan hati-hati dan dikerjakan dengan sepenuh hati.
- selah mengikuti langkah-langkah diatas, maka proses telah selesai dan bisa dilakukan perakitan kembali komponen yang berkaitan dengan penggantian part tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar