Bedah Mesin Grand New Avanza Xenia


Grand New Avanza dan Grand New Veloz mengusung mesin yang beda dari pendahulunya yakni NR Series.
NR Series Engine pada Avanza baru dibekali dengan teknologi Dual VVT-i, untuk mesin 1.3 liter diberi kode 1NR-VE, sementara mesin 1.5 liter berkode 2NR-VE. Mesin dengan seri yang sama juga dipakai pada Toyota Sienta dan beberapa mobil  Toyota lainya, lalu apa saja kelebihan mesin baru ini?

“Kelebihan Mesin Dual VVT-i yakni suara mesin yang dihasilkan lebih halus sehingga kesenyapan kabin bertambah, power lebih meningkat, lebih hemat BBM sehingga gas buang jadi lebih baik,” kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Rahmat Samulo, saat peluncuran di di Ballroom Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Kemudaian seberapa besar peningkatan positif pada mesin 4 silinder DOHC ini?, “ kalau bbm lebih hemat 10 – 20 persen, sementara kalau dari power dan torsinya sekitar 10 persenan,”
Toyota Grand New Avanza tersedia dalam dua versi mesin New 1NR (1.300) dan 2NR (1.500) Dual VVT-i. Pembaharuan dapur pacu tersebut cukup berpengaruh terhadap kinerja mesin. Peningkatan tersebut cukup memberi selisih karena versi lawas K3-VE Avanza lama hanya menelurkan power 92 PS/11,9 Nm, padahal seri baru 1NR sanggup meletupkan tenaga 96,5 PS/12,3 Nm.

Sementara untuk mesin 2NR rupanya tidak bergeser sama sekali alias masih sama dengan 3SZ-VE yang tetap menyemburkan output mencapai 104 PS/13,9 Nm. Jika ditanya soal perbedaan konsumsi bahan bakar, Grand New Avanza diklaim lebih irit mencapai 20 persen.

Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz yang baru saja diluncurkan diketahui mengusung mesin baru dengan teknologi Dual VVT-i dan terdapat empat komponen baru dari mesin Avanza dan Veloz ini. diantaranya adalah busi, injektor, knock sensor, dan immobilizer.
Grand New Avanza dan Grand New Veloz ini ditanamkan busi yang sudah menggunakan material iridium. "Busi ini kuat, ketahanannya 100 ribu km baru diganti," kata Iwan di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Kemudian, part baru lainnya adalah injektor. Pada low MPV ini, terdapat delapan lubang injektor, lebih banyak empat lubang dibanding versi sebelumnya. Ini membuat butiran bensin lebih halus, nyala lebih mudah, dan efisiensi pembakaran lebih bagus hingga mencapai 90 persen.

knock sensor terbaru pada grand new avanza juga memungkinkan penggunaan bahan bakar yang lebih bervariasi, di mana RON 90 adalah bahan bakar minimal yang bisa digunakan. "Jadi tidak perlu lagi setting manual.

immobilizer. "Dengan teknologi ini, mobil hanya bisa dihidupkan dari kunci yang sudah terdaftar di komputer mobil,"

Secara umum terdapat empat keunggulan dari mesin dual VVT-i. "Lebih efisien, performa torsi lebih baik, eco friendly, dan lebih inovatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bedah Mesin Grand New Avanza Xenia

Grand New Avanza dan Grand New Veloz mengusung mesin yang beda dari pendahulunya yakni NR Series. NR Series Engine pada Avanza baru di...